Jumat, 24 April 2020

SOLUSI MARKETING DI MASA CORONA

SOLUSI MARKETING DI MASA CORONA


Praktis terdapat perubahan yang mendasar dalam tata kelola di masa corona. Yang pasti terjadi adalah marketing di masa corona ini dilakukan di rumah. Direncanakan di rumah. Dikerjakan di rumah. Diawasi di rumah. Dilaksanakan di rumah.

Saya menemukan ruh perubahan marketing ini dalam 6 pokok solusi marketing sebagai berikut:

1. Marketing Keadilan

Masa corona membawa dampak keadilan bisa dilihat dari korban corona tidak memandang  suku, agama, ras, dan antar golongan. Baik kaya maupun miskin, pandai atau bodoh, semuanya bisa terpapar corona.

Maka marketing berkeadian dapat diterapkan melalui media sosial dengan berazaskan keadilan untuk melayani semua segmen masyarakat tanpa memamdang dari mana segmen konsumen pasar berasal.

2. Marketing kesetiaan

Corona pada umumnya memyasar pada semua golongan masyarakat. Namun yang mampu bertahan hidup dari corona adalah mereka yang setia tinggal di rumah, setia cuci tangan dengan sabun, setia menjaga jarak, dan setia untuk tidak berkerumun.

Maka marketing kesetiaan pada masa corona adalah memasarkan produk dan atau jasa dengan fokus kepada konsumen yang setia. Artinya strategi pemasaran dilakukan dengan pengembangan pasar terfokus pada pelanggan setia.

3. Marketing Kerendahan Hati

Masa corona membawa semua pemerintahan dunia dibuat tidak berdaya. Bahkan Amerika Serikat pun menjadi korban corona dengan jumlah korban tertinggi  dibanding negara lainnya. Tidak ada lagi kesombongan.

Maka marketing di masa corona harus mempu merubah karakter sombong menjadi karakter rendah hati dalam memasarkan produk atau jasa. Antara lain dengan melakukan alih fungsi pemasaran produk atau jasa yang kini menjadi trend pasar, seperti beralih ke pemasaran alat kesehatan.

4. Marketing Beriman

Masa corona adalah suatu masa dimana manusia percaya adanya virus berbahaya yang menyebar secara cepat dan mematikan. Kemampuan corona membuat manusia percaya ini sungguh mengagumkan.

Marketing beriman adalah sebuah strategi pengembangan produk yang menanamkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang dipasarkan. Antara lain dengan penyampaian tepat produk,  tepat waktu, dan tanpa keluhan pelanggan.

5. Marketing Cinta

Masa corona adalah suatu masa dimana manusia kembali ke rumah. Bekerja dan belajar di rumah bersama dengan keluarga yang dicintai. Karena itu suasana cinta harus semakin dipelihara dalam jangka panjang.

Marketing cinta adalah melaksanakan strategi pengembangan pasar keluarga yang memiliki kebesamaan dalam memgkomsumsi produk yang ditawarkan. Fokus pada segmentasi pasar keluarga ini ke depan perlu dikembangkan.

6. Marketing Pengharapan

Masa corona adalah suatu masa dimana manusia mengharapkan penyebaran wabah segera berakhir. Keadaan diharapkan menjadi normal seperti sebelum wabah merebak ke segenap penjuru dunia.

Marketing pengharapan adalah strategi marketing yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik kepada konsumen. Pemasar harus memberikan janji yang lebih baik dan lebih memberikan harapan baru kepada konsumen.

Demikian enam solusi marketing dimasa corona yang perlu diantisipasi sejak sekarang untuk menghdapi bebagai skenario di masa mendatang yang dekat ini.

Salam .. Bambang Tri Cahyono







Tidak ada komentar: